Berita SIREKA

Konsultasi Jabatan Fungsional Perekayasa dengan BRIN

Dirilis pada: 2022-04-03 09:22:54
Dalam rangka konsultasi jabatan fungsional perekayasa, telah dilaksanakan rapat secara daring dengan Direktorat Pembinaan Jabatan Fungsional dan Pengembangan Profesi BRIN yang diwakili oleh Bapak Nana Sukmana dan Fungsional Perekayasa Bapak Dwi Husodo pada hari Jum’at, 18 Februari 2022.
Pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme Jabatan Fungsional Perekayasa yang mempunyai ruang lingkup, tugas, dan wewenang, di bidang pengkajian dan penerapan IPTEK mengacu dan berpedoman pada Permenpan RB No. 14 Tahun 2021. Petunjuk teknis Jabatan Fungsional Perekayasa dan angka kreditnya saat ini masih mempedomani Perka BPPT No. 15 Tahun 2016 dan Perka BPPT No. 13 Tahun 2020.

Perencanaan SDM dilakukan sejak awal kegiatan dengan membentuk Organisasi Fungsional Kerekayasaan (OFK). Kegiatan kerekayasaan dilakukan dengan kerja tim, setiap tugas dirinci dan dibagi kepada masing-masing peran sehingga pekerjaan akan efektif, efisien serta hasilnya optimal.

Langkah strategis yang perlu dilakukan yaitu: Membuat program kegiatan; Rapat pleno dengan semua anggota organisasi; Melakukan breakdown pekerjaan secara rinci dan benar; Merinci tugas masing-masing peran mulai dari Engineering Staf (ES), Leader, Group Leader (GL) & Kepala Program. Dalam melaksanakan kerekayasaan segera membuat lembar informasi yang dibutuhkan (Lembar Instruksi, Lembar Keputusan & Lembar Kerja); Engineering Staf membuat Technical Notes, Leader membuat Technical Report, Group Leader membuat Technical Document selanjutnya diakhir program membuat Program Document (Laporan Akhir).

Permasalahan yang sering ditemui diantaranya: Peran tidak sesuai jenjang, Berpotensi namun tidak ada peran, Sedikit kerja namun pintar membuat laporan, Banyak kerja namun tidak bisa membuat laporan, Klaim Angka Kredit terlalu besar, Substansi pekerjaan bukan perekayasaan, Terjadi kesalahan dalam klaim butir kegiatan, Klaim tidak sesuai petunjuk teknis.

Galeri

Tidak Ada Gambar Tambahan

Video

Tidak Ada Video