Berita SIREKA

Sistem Informasi Kerekayasaan untuk Peningkatan Inovasi dan Teknologi di Jawa Tengah

Dirilis pada: 2022-06-13 11:29:02

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga panduan Sireka, video profil Sireka dan buku dengan judul “Sistem Informasi Kerekayasaan untuk Pengembangan Inovasi dan Teknologi di Jawa Tengah”, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah dapat diselesaikan dengan baik. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan buku ini.

Upaya meningkatkan iklim inovasi dan perekayasaan teknologi dalam melayani kebutuhan teknologi masyarakat menjadi tuntutan yang harus segera direspon. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menginisiasi dan memfasilitasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan inovasi dan perekayasaan teknologi melalui program kreativitas inovasi masyarakat, perekayasaan, Business Technology Centre maupun kegiatan penerapan dan pelayanan teknologi lainnya.

Meskipun berbagai kegiatan telah dilakukan, upaya untuk mengakselerasi terciptanya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan inovasi dan perekayasaan teknologi perlu ditingkatkan. Salah satu unsur yang perlu ditingkatkan adalah akses dan pelayanan informasi digital terkait inovasi dan perekayasaan teknologi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengintegrasikan beberapa sektor, diantaranya melalui pelibatan perguruan tinggi dan praktisi dalam forum kerekayasaan serta intermediasi teknologi yang tersaji dalam layanan sistem informasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu platform digital yang terintegrasi dalam menyajikan data informasi kerekayasaan, forum diskusi kereyasaan, input permasalahan kebutuhan teknologi masyarakat maupun rujukan berbagai alat-alat hasil kerekayasaan. Kerjasama berbagai sektor yang terintegrasi akan mewujudkan kesejahteraan dan pemberdayaan untuk peningkatan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Aplikasi Sireka merupakan platform digital yang diharapkan dapat meningkatkan iklim perekayasaan inovasi teknologi di Jawa Tengah, sistem ini memiliki berbagai fitur untuk menampilkan hasil implementasi hasil kerekayasaan, rujukan kebutuhan teknologi masyarakat, forum kerekayasaan, dan informasi terkait Fungsional Perekayasa yang dapat diakses dalam perangkat web browser dan mobile android.

Kami telah berusaha memberikan karya terbaik, namun demikian karena perkembangan teknologi sangat dinamis maka sangat dimungkinkan adanya penyesuaian dan peningkatan lanjutan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Galeri

Video